detiknews, bbcnews, cnn

Rabu, 08 Februari 2012

JANGKA TANAH JAWA

Prabu Jayabaya menulis Ramalan atau Jangka yang isinya sejak Pulau Jawa ditanami orang yang kedua (pada tahun saka 10) sampai dengan Kiamat Kobra yang diperhitungkan selama 2.100 tahun lamanya (Tahun Matahari). Terhitung rembulan selama 2.163 tahun.


Ramalan (tulisan selama 2.100 tahun) tersebut dibagi menjadi TRIKALI atau tiga jaman besar, jaman-jaman untuk tanah Jawa seperti berikut:
1. Jaman Kali Swara
2. Jaman Kali Yoga
3. Jaman Kali Sangara

Kemudian setiap jaman besar itu dibagi menajadi SAPTAMA KALA atau tujuh jaman kecil.

A. JAMAN KALI SWARA
1. Jaman Kala Kukila
2. Jaman Kala Buddha
3. Jaman Kala Brawa
4. Jaman Kala Tirta
5. Jaman Kala Rwabara
6. Jaman Kala Rwabawa
7. Jaman Kala Purwa

B. JAMAN KALI YOGA
1. Jaman Kala Brata
2. Jaman Kala Dwara
3. Jaman Kala Dawpara
4. Jaman Kala Praniti
5. Jaman Kala Tetaka
6. Jaman Kala Wisesa
7. Jaman Kala Wisaya

C. JAMAN KALI SANGARA
1. Jaman Kala Jangga
2. Jaman Kala Sakti
3. Jaman Kala Jaya
4. Jaman Kala Bendu
5. Jaman Kala Suba
6. Jaman Kala Sumbaga
7. Jaman Kala Surata

Jaman kecil-kecil lamanya 100 tahun. Sedangkan jaman besar lamanya 700 tahun matahari. Jadi jaman Kali Swara lamanya 700 tahun, jaman Kali Yoga dan Kali Sangara juga tujuh ratus tahun.

Jaman kecil yang lamanya 100 tahun tersebut masih dibagi lagi menjadi MASA KALA, kurang lebih lamanya 33 atau 34 tahun.


SITUASI DAN KONDISI SETIAP JAMAN BESAR

Jaman KALI SWARA
Disebut juga jaman permulaan. Lamanya 700 tahun matahari atau 721 tahun rembulan. Di tanah Jawa masih banyak terdengar suara alam. Seperti gemuruhnya suara gunung yang akan meledak. Petir dan halilintar masih sambar-menyambar. Suasana tanah masih dalam keadaan bergerak. Banyak perubahan. Dewa-dewa turun menjadi manusia. Sementara itu manusia-manusia berusaha menjadi Dewa.

Jaman KALI YOGA
Disebut juga jaman pertengahan. Lamanya juga 700 tahun matahari. Terhitung mulai tahun 701 sejak datangnya orang di Pulau Jawa, sampai tahun 1.400. banyak perubahan pada permukaan bumi, terutama di Pulau Jawa. Di sana-sini terjadi pulau baru. Banyak mahkluk yang salah jalan, sebab manusia yang meninggal banyak yang menitis kembali ke bumi.

Jaman KALI SANGARA
Atau jaman akhir. Lamanya juga 700 tahun. 1.400 tahun sejak datangnya penghuni Pulau Jawa, sampai di tahun 2.100 yang dianggap sudah mendekati Kiamat Kobra. Pada waktu itu banyak terjadi kelainan-kelainan. Seperti hujan yang salah waktunya. Bengawan juga mulai berubah letaknya. Bumi sudah mulai berkurang manfaatnya. Hal tersebut menghambat datangnya kebahagiaan, mengurangi rasa terima kasih. Banyak orang berilmu meninggal tanpa mewariskan kepandaiannya kepada yang masih hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar